Rabu, 04 Januari 2012

Satuan Mahluk Hidup Dalam Ekosistem

Bila kamu mau memperhatikan lingkungan sekitarmu, mungkin kamu akan menemukan  semut yang berderet, tanaman rumput  yang bergerombol, ada juga  satu tumbuhan bougenvile yang tumbuh dengan suburnya. Semut  yang berderet, sebatang pohon, dan kesatuan antara keduanya dalam suatu lingkungan merupakan satuan dalam ekoistem. Dalam ekosistem dikenal juga satuan-satuan ekosistem yang terdiri dari individu, populasi, dan komunitas. Tahukah kamu, apa perbedaannya?

1.      Individu



Individu adalah makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologis, yang  merupakan satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem. Seekor kerbau, seekor rusa, sebatang pohon meranti, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia merupakan individu dalam ekosistem.



2.      Populasi

Populasi merupakan kumpulan beberapa individu sejenis yang saling berinteraksi pada daerah dan waktu tertentu dan memungkinkan terjadi perpindahan materi dan energi. Misalnya populasi ikan nila, ikan mujair, eceng gondok, dan plankton.





3.      Komunitas 

Komunitas merupakan kumpulan beberapa populasi yang berbeda yang saling berinteraksi pada daerah dan waktu tertentu dan memungkinkan terjadi perpindahan materi dan energi. Misalnya populasi ikan nila, ikan mujair, eceng gondok, dan plankton.




4.      Ekosistem

Ekosistem mrupakan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya. Interaksi tersebut bersifat khusus. Komunitas dipengaruhi oleh lingkungan abiotik yang spesifik menghasilkan ekosistem yang spesifik pula 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

maksih infonya......ijin copas ya...

rio danu mengatakan...

Sepertinya ada kesalahan itu antara populasi dengan komunitas. Mohon diperiksa kembali.

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 EKOSISTEM. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.